Meneruskan berita dari Ngawi.SGI. hari Selasa tanggal 26 Juli Bidang Perekonomian Bappeda Kabupaten Ngawi melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengembangan Kawasan Agropolitan bertempat di Kayangan Cafe & Space Desa Wisata Brubuh Kecamatan Jogorogo. Peserta sosialisasi berasal dari 3 ( tiga ) desa yaitu Ds. Girimulyo, Ds. Brubuh dan Ds. Ngrayudan Kecamatan Jogorogo.

Sedangkan dari masing-masing desa tersebut yg di undang adalah Kepala Desa, Kelompok Tani, Gapoktan, Pokdarwis, pengelola tempat wisata dan pelaku UKM yg ada di masing-masing desa tersebut.

Untuk narasumber berasal dr Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dan dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngawi.

Sesuai tema dari sosialisasi terkait pengembangan Kawasan Agropolitan bahwa di wilayah Kecamatan Ngrambe ada beberapa potensi sektor pariwisata dan sektor pertanian yg bisa di kembangkan terutama yg berada di 3 ( tiga ) Desa Girimulyo, Brubuh, Ngrayudan dengan mengahdirkan narasumber dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Ngawi.

Dengan adanya potensi tersebut masing-masing desa bisa saling bersinergi dan bekerjasama yg saling menguntungkan dan memberi manfaat dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kecamatan Jogorogo khusunya masyarakat yg ada di 3 ( tiga ) tersebut.

Setelah selesai acara sosialisasi si lanjutkan dengan peninjauan ke beberapa tempat wisata yg ada di wilayah Kecamatan Jogorogo antara lain di Sengon Hill, Srambang Park dan Seloondo.

Menurut keterangan Ibu Indah Kusuma Wardhani,S.Pt., M.Si mengatakan bahwa Dalam rangka pengembangan kawasan agropolitan perlu adanya kolaborasi antara pemerintah Daerah (OPD Teknis), Kecamatan, Desa, dengan lembaga ekonomi masyarakat (Poktan, Gapoktan, Koperasi, pelaku pariwisata) dengan harapan kualitas dan kuantitas produksi serta pengolahan komoditas unggulan meningkatkan yang memiliki daya saing yang tinggi untuk kesejahteraan masyarakat.

Gerakan pengembangan kawasan agropolitan menumbuh kembangkan pusat pertumbuhan ekonomi baru berbasis pertanian. Adanya nilai tambah produk pertanian dari proses produksi atas bahan baku menjadi bahan olahan telah memberikan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di kawasan tersebut.

Perkembangan Agropolitan di Kabupaten Ngawi telah berkembang dengan baik dan maju. Sistem Agrobisnis yang ada di kawasan tersebut yaitu semua kegiatan di bidang Pertanian, mulai dari industri hulu, Usaha Tani, Industri Hilir sampai dengan Distribusi Produknya telah berjalan dengan baik dan berkembang sangat pesat.. kata Pembina Utama Muda ( Indah Kusumawardhani, S.Pt.,M.Si).

https://www.suarasgi.com/2022/08/bappeda-ngawi-gelar-sosialisasi_16.html