Ony Anwar Harsono, Bupati Ngawisaat sambutan dalam acara Musrenbangkab di pendopo Wedya graha Kabupaten Ngawi

Meneruskan berita dari Suarakumandang.com, BERITA NGAWI. Pemerintah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Kabupaten (Musrenbangkab ) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) . Selasa, (15/03/2022).

“Musrenbangkab tahun 2022 pemerintah pada tahun 2023 lebih mefokuskan pengembangan infrastruktur pembangunan ,”ujar Ony Anwar Harsono, Bupati Ngawi dalam sambutanya di pendopo Wedya graha Kabupaten Ngawi.

Masih kata Ony, lebih menitik beratkan infrastruktur pembangunan karena untuk mensuport kawasan agrowisata dan agro industry yang meliputi olah pangan dan olah pasca panen, termasuk beberapa kebutuhan seperti pabrik pakan ternak, pabrik olah pangan, pabrik kemasan, pabrik padat karya seperti alas kaki, garmen dan lain-lain.

“Dengan perencanaan yang matang dalam menyusun RKPD, diharapkan nantinya RKPD terealisasi sehingga angka pengangguran dapat menurun dan pengurangan angka kriminalitas,”kata Ony.

Sementara itu, Indah Kusumawardhani, Kepala badan perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Ngawi, mengatakan bahwa tahapan penyusunan RKPD yang sudah terlewati sebelum musrenbangkab kali ini adalah penyusunan rencana awal RKPD dan penyusunan rancangan RKPD.

“Setelah pelaksanaan musrenbangkab, masih ada dua tahapan lagi yang harus dilalui, yaitu perumusan rancangan akhir RKPD dan penetapan RKPD,”ungkap Indah.

Dalam penyusunan RKPD Ngawi tahun 2023 , bersamaan dengan penyusunan RPJMD tahun 2021 – 2026, sehingga dalam penyusunannya harus berpedoman pada arah kebijakan pembangunan nasional, arah kebijakan pembangunan daerah, tahapan dan tata cara penyusunan dan perubahan, pengendalian dan evaluasi, serta konsistensi perencanaan dan penganggaran.

https://suarakumandang.com/musrenbangkab-ngawi-2023-fokus-di-infrastruktur-pembangunan/